Selasa, 08 Oktober 2013

HUT TNI ke-68 TNI

Surabaya - HUT TNI ke-68 TNI yang digelar Garnisun Tetap (Gartap) III Surabaya di halaman Markas Komando Daerah Militer V/Brawijaya, Sabtu (5/10/2013) berlangsung sederhana dan meriah. Dalam acara ini, undangan maupun warga sekitar ditunjukkan berbagai atraksi yang menunjukkan kemampuan anggota TNI seperti penanggulangan teroris (Gultor) gabungan dari berbagai unusr TNI.

Upacara dipimpin Komandan Gartap III Surabaya Mayjen TNI Ediwan Prabowo, yang juga Pangdam V/Brawijaya. Sedangkan Komandan upacara Kolonel Mar M Nadir.

Sebelum melumpuhkan teroris, pasukan penerjun dari TNI AL mengintai. Juga ada penembak jitu yang bersiaga di atas menara. Kemudian, sekelompok teroris yang menyandera 'Gubernur Jawa Timur' ditumpas pasukan dari Yonif 500/Rider dengan menerjunkan 2 unit penindak, 4 unit motor serta 2 unit K-9.

Setelah atraksi gultor, pendangan tertuju ke angkasa dan terlihat para peterjun menunjukkan kebolehannya melaksanakan Free Fall.

Atraksi terjun payung itu melibatkan 30 personel terdiri dari 10 peterjun TNI AD, 10 peterjun TNI AL dan 10 peterjun TNI AU. Para penerjun ini diangkut dengan 2 unit pesawat Cassa 212.

Pada sesi pertama, 15 peterjun Free Fall dan sesi kedua 10 peterjun Free Fall dan 5 peterjun dengan membawa 5 banner yang bertuliskan TNI AD, TNI AL, TNI AU, TNI dengan logo Mabes TNI dan bendera Merah Putih.

Selain defile pasukan, juga ada kendaraan tempur seperti 2 unit Panser Anoa TNI AD, panser Panhat TNI AD, 2 unit HOW-105 TNI AD, 4 unit MER-57 TNI AD, 2 unit tank PT-76 marinir, 2 unit BTR 50-P Marinir, 2 unit AMX 10 P Marinir, 2 unit BVP-2 Marinir, 2 unit Sea Raider Marinir, 2 unit jeep POMAL, 1 jeep POMAU, 2 unit sedan POMAD serta 5 unit motor POM TNI dan 4 unit PJD.Warga sekitar baik orang dewasa hingga anak-anak juga besentuhan langsung dengan kendaraan TNI tersebut. Bahkan ada yang naik ke tank.

Sebelum acara dibubarkan, para prajurit TNI peserta upacara dihibur musik yang artinya selain dari masyarakat sipil juga ada dari korps wanita TNI AU, Kowad dan Kowal.

Bahkan, para peserta ini tidak menunjukkan kelelahannya. Di hari ulang tahun TNI ini, para prajurit terlihat bersemangat bernyanyi dan berjoged termasuk joged Caesar.

"Bersama dengan dukungan rakyat, TNI akan semakin siap dan mantap melaksanakan tugas dengan langkah antisipatif serta responsif. Bersama rakyat, TNI kuat," ujar Mayjen TNI Ediwan Prabowo. http://news.detik.com/read/2013/10/05/122801/2378696/475/1/hut-tni-ke-68-diwarnai-demo-penanggulangan-teror-hingga-joget-ala-caesar

0 komentar: