Selasa, 08 Oktober 2013

Prabowo dan merah Putih

Dari empat edisi turnamen sepakbola bertajuk Yamaha ASEAN Cup U-13, Indonesia pernah menjadi juara di tahun 2010. Tahun ini anak-anak "Merah Putih" bertekad mengulang sejarah itu.

Di edisi kedua turnamen (2010), tim Yamaha Indonesia tampil sebagai yang terbaik setelah mengalahkan Thailand di babak final. Setahun kemudian Indonesia kembali menembus final, tapi kali itu balik ditundukkan Thailand.

Hasil buruk didapat di edisi terakhir tahun lalu (2012) di Kuala Lumpur, Malaysia. Tim yang berisi anak-anak yang mulai memasuki masa remaja itu bahkan tak bisa lolos dari babak grup.

Tahun ini Yamaha ASEAN Cup U-13 digelar di Hanoi, Vietnam, 4-6 Oktober. Mengirim dua tim ke ajang tersebut, pelatih kepala Rohmat merasa yakin mereka bisa membawa pulang gelar juara.

"Mereka sudah siap tanding dan tim tahun ini kualitasnya setara dengan tim Yamaha Indonesia U-13 yang juara di tahun 2010. Karena itu kami berharap banyak target juara tahun ini tercapai, apalagi dengan 2 tim. Semoga bisa All Indonesian Final," ujarnya.

Mengenai tim yang mewakili Yamaha Indonesia tersebut, tim tersebut dibentuk melalui kompetisi bertajuk Yamaha Indonesia U-13, yang sudah enam kali diadakan. Tahun ini seleksi digelar di 12 kota: Medan, Makassar, Bali, Jambi, Padang, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Banten, dan Lampung.

Dari seleksi itu dipilih 16 tim terbaik, dengan total pemain 60. Mereka lalu disaring lagi di Stadion Mini Ciputat, Tangerang Selatan, pada 30 Agustus sampai 1 September lalu. Hasil akhirnya, tim DKI Jakarta B tampil sebagai juara setelah mengalahkan Jawa tengah di final dengan skor 1-0, dalam laga berdurasi 2 x 10 menit. Dari 60 pemain tersebut dipilih 36 pemain yang dinilai terbaik untuk dikirim ke Vietnam."Sejak digelarnya Yamaha U-13 Football di 2008, sambutannya meriah dari para siswa Sekolah Sepak Bola ( SSB ) di 12 kota besar Indonesia. Program ini pada tahun-tahun berikutnya sangat mendapat animo sangat besar, karena program ini jelas agendanya, mengikuti seleksi daerah, nasional, dan diberangkatkan keluar negeri (ASEAN)," papar General Manager Promosi & Community Development Yamaha Indonesia, Eko Prabowo.

Alumni Berprestasi Yamaha Indonesia U-13

Sejumlah pemain yang pernah mengikuti Yamaha Indonesia U-13 telah menunjukkan potensinya dengan lebih luas. Dua di antaranya adalah Angga Febrianto (alumnus 2008) Muchlis Hadi Ning (alumnus 2009). Mereka adalah dua penggawa tim nasional Indonesia yang belum lama ini berhasil menjuarai Piala AFF U-19.

Pemain lain yang bersinar adalah Gavin Kwan Adsit, yang beberapa waktu lalu dikontrak satu tahun oleh klub top Rumania, CFR Cluj. Dua pemain angkatan 2012, Ghulam Fathurohman dan Akbar Raka, juga masuk timnas untuk Asian Youth Games 2013.sumber http://sport.detik.com/sepakbola/read/2013/10/03/113540/2376539/76/1/mengincar-sukses-2010-di-yamaha-asean-cup-u-13

0 komentar: